To Each His Own Japan Drama Review


Kemarin gue nonton satu film dari jepang, judulnya To Each His Own. Pemeran utama di film ini adalah Asuka Kudo dan Sota Fukushi. Salah satu aktor kesukaan nih makanya gue tonton hehe.
Btw, yuk kita mulai reviewnya!

Film ini bercerita tentang seorang pekerja kantoran bernama Aoyama. Ia bertemu secara tiba-tiba dengan Yamamoto yang mengaku kalau dirinya adalah teman sewaktu SD. Pertemuan mereka terjadi di stasiun kereta dimana Aoyama tengah pulang kerja dan tengah down karena beban kerja dan kesalahan yang ia lakukan. Ia secara tidak sadar hampir menjatuhkan diri ke rel kereta yang akan lewat namun langsung diselamatkan oleh Yamamoto.

Pertemuan mereka yang aneh itu terus berlanjut. Sering kali Yamamoto mengajak Aoyama untuk minum bersama sepulang kerja. Terkadang mereka pun pergi keluar untuk hang out bareng di hari libur. Dengan bertemunya Aoyama dengan Yamamoto, membuat hari-hari Aoyama berbeda dari biasanya. Ia mendapatkan kembali semangat dalam hidupnya dan memberikan performa terbaik di tempat kerjanya. Suatu waktu Aoyama mendapati bahwa sebenarnya Yamamoto bukanlah Yamamoto yang merupakan teman semasa sekolah dasarnya. Teman sekolahnya bernama Kenichi Yamamoto sementara orang yang dihadapannya adalah Jun Yamamoto. Jun mengaku ia mengira kalau Aoyama adalah teman sekolah dasarnya. Alasan itu diterima oleh Aoyama dan mereka tetap berteman.

Sampai suatu ketika ketika Aoyama tertimpa permasalahan di tempat kerjanya ia sangat stres sehingga ia bersujud kepada bosnya yang pemarah di kantor untuk meminta maaf atas kesalahan yang ia buat. Yamamoto kemudian menghiburnya dan memberikan saran untuk berhenti dari pekerjaanya, ia pun mengaku pertemuannya dengan Aoyama bukan karena ia mengira bahwa Aoyama adalah teman sekolah dasarnya melainkan ia sudah mengamati Aoyama yang murung dan mengikutinya dari gerbang tiket di stasiun, Yamamoto mengatakan ia mengenal seseorang yang sama seperti Aoyama lakukan pada saat itu which is melakukan percobaan bunuh diri. Kemudian Aoyama terus meyakinkan diri dan bertekad untuk akan sangat berhati-hati dan tidak melakukan kesalahan dipekerjaannya.

Suatu hari Aoyama setelah kembali dari urusan pekerjaanya di luar kantor, ia mendapati Yamamoto di stasiun kereta dan berjalan menaiki sebuah bus pemakaman. Tingkah Yamamoto yang tak seperti biasanya juga menaiki bus pemakaman mengundang Aoyama untuk mengikutinya secara diam-diam.
Sesampainya di tempat tujuan ia mendapati dirinya berada disebuah pemakaman. Ia mematung, lantas ia segera kembali ke apartemennya mencari informasi siapa sebenarnya Jun Yamamoto. Berdasarkan data yang ia dapatkan dari sebuah blog, ia mendapati bahwa Jun Yamamoto telah meninggal tiga tahun yang lalu. Ia pun mendapatkan informasi bahwa Jun Yamamoto bunuh diri karena kerja paksa dan pelecehan kekuasaan di perusahaan Jun bekerja.

Apakah Yamamoto adalah hantu yang bangkit kembali untuk menyelamatkan Aoyama? Ditengah kebingungan tentang keberadaan Yamamoto dalam hidupnya, Aoyama mendapatkan kembali masalah di kantornya sehingga ia benar-benar terpuruk dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan meloncat dari atas gedung.


Namun sebelum melakukan hal itu, Yamamoto datang dan menghentikanya meloncat dari gedung tersebut. Yamamoto mengatakan kepada Aoyama bahwa mungkin Aoyama bisa mengakhiri penderitaanya dengan bunuh diri, tapi Yamamoto menekankan bahwa setelah mati, rasa sedih yang mendalam serta penderitaanlah yang akan ditinggalkan bagi keluarga. Seberapa tidak berharganya Aoyama, ia harus mengetahui tentang perasaan keluarga tentang dirinya.

Singkat cerita Aoyama pulang kampung dan berkomunikasi kembali bersama orang tuanya dan ia menemukan kesimpulan ia harus berhenti dari pekerjaanya untuk menjadi orang yang lebih bahagia. Setelah Aoyama berhenti dari pekerjaanya, Yamamoto menghilang.

Kemudian Aoyama mencari informasi tentang Jun Yamamoto, setelah mendapatkan informasi alamat yang pernah Jun Yamamoto tinggali yakni sebuah panti asuhan, ia pergi ke tempat tersebut dan bertemu dengan salah satu kerabat Jun yang menceritakan bahwa teman yang bersama dengan Aoyama adalah Yu Yamamoto saudara kembar Jun Yamamoto yang bunuh diri.

Yu mengalami kesedihan yang mendalam ketika saudara kembarnya meninggal. Ia bahkan merasa tidak mampu mengetahui apa yang terjadi dengan saudara kembarnya ia menyalahkan dirinya. Sampai suatu waktu Yu bertemu dengan Aoyama dan bisa berteman, membuat Yu ingin memulai kehidupannya ia menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Aoyama melaui kerabatnya.

Akhir cerita, Yu dan Aoyama bertemu kembali. I think ini adalah Happy ending.

Menurut gue film ini menggambarkan keadaan jepang beberapa waktu yang lalu dimana terdapat seorang karyawan yang bunuh diri karena tidak mampu menerima beban kerja yang terlalu berat. Sampai CEO dari perusahaan tersebut mengundurkan diri dan meminta maaf. Adapun fenomena Karoshi yakni kematian mendadak akibat terlalu bekerja keras yang menjadikan kekhawtiran bagi masyarakat jepang sendiri.
Menurut salah satu sumber diketahui jepang memiliki budaya kerja keras yang tinggi. Mereka menilai seseorang tidak dari hasil yang dicapai, namun dari seberapa rajinkah dan seberapa kerasnya karyawan berusaha. Sehingga karyawan mem-push dirinya utnuk terus berusaha bekerja keras. 
Namun yang sangat disayangkan adalah beberapa dari karyawan kehilangan tujuan dari bekerja itu sendiri, yakni hidup untuk bekerja yang seharusnya adalah bekerja untuk hidup. Beberapa pesan yang bisa didapat dari film ini adalah sesulit apapun dalam pekerjaanmu mendapat beban kerja yang tidak dapat tertangani kamu bisa membaginya dengan teman karyawan lain dengan meminta bantuan. Tidak harus semua dikerjakan seorang diri. 
Kemudian seberapa sibuknya kamu jangan lupa untuk bersosialisasi dengan keluarga atau teman-teman yang dapat berbagi cerita denganmu karena dengan begitu sedikitnya rasa stresmu akan berkurang. Stres yang terus menerus dan berkepanjangan akan berujung pada depresi yang meningkatkan resiko bunuh diri.

Pekerjaan tidak sebanding dengan berharganya hidupmu. Tak harus mengakhiri hidup karena pekerjaan, ketika pekerjaan itu membuatmu depresi maka tinggalkanlah dan cari pekerjaan lain. Dan sesulit apapun hidupmu akan selalu ada harapan.

I think film ini recommended banget buat di tonton! 


sumber gambar:
www.scmp.com
www.dailymotion.co
peacbear.online

Komentar

  1. V1Ti Titanium Alloy | TiTi Metal Arts
    A stainless steel blade allows for an ceramic vs titanium curling iron intense slicing motion, and has the titanium white distinct distinctive characteristics of titanium oxide. It is titanium flat irons the only metal $44.00 ford transit connect titanium · titanium ore terraria ‎In stock

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer